Positive Writing

Menulis untuk Kesuksesan Bisnis

.

Writing for Wellness – 30

Oleh : Cahyadi Takariawan

“American workers spend nearly a quarter of their day reading. Much of that is wasted because the material is poorly written” –Josh Bernoff, 2016

.

Dalam dunia modern saat ini, hampir semua manusia terlibat dalam komunikasi melalui tulisan. Baik dalam dunia medsos, komunikasi formal dalam lembaga atau instansi, dalam pergaulan sosial secara umum, maupun dalam konteks bisnis.

Dalam dunia bisnis, lihatlah bagaimana persaingan merebut pasar terjadi dengan sangat masif. Senjata yang sangat ampuh adalah tulisan, untuk memengaruhi dan mengajak calon pembeli atau calon pengguna jasa.

Sangat disayangkan, banyak dijumpai tulisan bisnis yang buruk, sehingga gagal meyakinkan pembaca. Ternyata, tulisan berdampak sangat besar bagi kesuksesan sebuah bisnis. Bahkan tulisan yang buruk, bisa memberikan kerugian yang sangat besar jika diakumulasi pada skala negara.

Tulisan yang Buruk, Sangat Merugikan Bisnis

Di tahun 2016, Josh Bernoff menulis artikel untuk The Daily Beast berjudul “Bad Writing Costs Businesses Billions”. Artikel tersebut memberikan data yang mengejutkan. Tulisan yang buruk merugikan bisnis Amerika hampir $ 400 miliar setiap tahun.

“Pikirkan tentang itu. Anda memulai hari dengan membaca email dari kolega yang gagal untuk menyampaikan intinya. Anda membaca laporan yang tidak menjelaskan apa yang terjadi atau apa yang harus dilakukan manajemen. Situs web, materi pemasaran, dan siaran pers dari distributor dipenuhi dengan jargon yang tidak bermakna,” ujar Bernoff.

Mengapa tulisan yang buruk bisa mengakibatkan kerugian bisnis yang sangat besar? Menurut Bernoff, para pekerja Amerika menghabiskan 22 % waktu kerja mereka untuk aktivitas membaca. Namun waktu tersebut banyak yang terbuang percuma karena materinya ditulis dengan buruk.

“Amerika menghabiskan 6 % dari total gaji pada waktu yang terbuang tersebut, hanya untuk mencoba memahami makna dari materi yang ditulis dengan buruk. Setiap perusahaan, setiap manajer, setiap profesional membayar pajak ini, yang menghabiskan $ 396 miliar pendapatan nasional,“ ujar Bernoff.

Kaleigh Moore pernah menulis artikel serupa tentang dampak dari penulisan bisnis yang buruk. Moore menyatakan bahwa komunikasi adalah keterampilan penting untuk bisnis apapun. Ia mengutip hasil studi dari CollegeBoard, yang menunjukkan bahwa perusahaan bisnis menghabiskan $ 3,1 miliar untuk pelatihan menulis perbaikan setiap tahun. Dari anggaran ini, $ 2,9 miliar dihabiskan untuk karyawan eksisting saat ini, bukan karyawan baru.

Ia ingin mengingatkan, betapa sangat banyak pemborosan akibat tulisan yang berkualitas buruk. Maka memerhatikan kemampuan menulis dari semua manajemen dan staf adalah keputusan yang sangat tepat.

Peluang Bisnis

Ketika menjelaskan manfaat menulis, Gregory Ciotti (2016) menyebut istilah “writing as leadership at scale”. Menurutnya, meskipun dunia sekarang sedang banjir merek branded, namun ada peluang yang benar-benar terbuka lebar, karena “semua orang dapat mempublikasikan”. Tulisan yang tepat, mampu memberikan pengaruh dalam skala besar, ujar Ciotti.

Artinya, peluang untuk berjualan tetap terbuka lebar, asal pandai melakukan pemasaran dan penjualan. Dalam bentuk tulisan, harus mampu menyusun kalimat pemasaran yang efektif. Jika tidak mampu menyusun kalimat efektif, akan menyebabkan pemubadziran dalam skala besar.

Carolyn O’Hara (2014) menyatakan, mengetahui cara membuat kalimat yang menarik dan cerdas sangat penting untuk berkomunikasi secara efektif. Ini akan berdampak memenangkan bisnis dan memberikan nilai tambah pada bisnis Anda.

Menulis dalam bisnis adalah sarana mengkomunikasikan produk kepada calon pembeli. Menurut Kara Blackburn, dosen komunikasi di MIT Sloan School of Management, “Anda dapat memiliki semua ide hebat di dunia dan jika Anda tidak dapat berkomunikasi, tidak ada yang akan mendengarnya.”

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kapasitas untuk berkembang, ungkap O’Hara, mengutip pernyataan Bryan Garner. “Menulis yang bagus bukan soal pemberian yang telah Anda miliki sejak lahir,” ujar Garner. Menulis adalah keterampilan yang bisa Anda kembangkan.

“You can have all the great ideas in the world and if you can’t communicate, nobody will hear them” –Kara Blackburn

Tulisan Bisnis

Ada sangat banyak jenis tulisan, salah satunya adalah tulisan bisnis. Istilah ini menunjuk pada sebentuk tulisan bertarget, yang dirancang untuk memfasilitasi komunikasi yang jelas, baik ke dalam organisasi bisnis, maupun ke luar.

Menurut O’Hara, penulisan bisnis dapat mencakup materi penjualan dan pemasaran; konten pelatihan dan pendidikan; komunikasi dua arah seperti email dan publikasi; laporan dan presentasi; materi administrasi seperti Standar Operasional; dan lain sebagainya. Tulisan bisnis mengacu kepada segala bentuk tulisan yang digunakan dalam lingkungan bisnis.

“Writing is the primary way business gets done in today’s collaborative world. When it’s done well, business gets done well” –Carolyn O’Hara (2014)

O’Hara mengingatkan, menulis adalah cara utama memenangkan bisnis di dunia kolaboratif saat ini. Jika menulis dilakukan dengan baik, bisnis akan berjalan dengan baik. Proposal yang ditulis dengan baik akan menghasilkan lebih banyak pendapatan; memo dan laporan yang ditulis dengan jelas bisa memberikan wawasan yang lebih dalam; materi pemasaran yang ditulis dengan cerdas akan meningkatkan reputasi pasar.

Tetapi ketika penulisan tidak dilakukan dengan baik, akan menciptakan banyak masalah bisnis, menjatuhkan kinerja bisnis dan mengecilkan keuntungan. “Itulah mengapa kami yakin menulis adalah keterampilan bisnis yang paling penting”, ujar O’Hara.

 Selamat menulis, selamat meraih kemajuan dan keuntungan bisnis.

Bahan Bacaan

Carolyn O’Hara, How to Improve Your Business Writing, 20 November 2014, https://hbr.org

Gregory Ciotti, The Psychological Benefits of Writing, 20 April 2016, https://www.helpscout.com

Jeff Swystun, The High Cost of Poor Writing (About $400 Billion), https://thinkgrowth.org, 9 Januari 2017

Josh Bernoff, Bad Writing Costs Businesses Billions, 16 Oktober 2016, https://www.thedailybeast.com

.

Ilustrasi : https://preply.com

 6 kali dilihat

Satu Komentar

  • Dede Nurjanah

    Alhamdulillah…atas segala ilmu Kepenulisan yang ust.Cahyadi Takariawan berikan semoga bisa saya terapkan. Terutama dalam materi kali ini . Bisnis akan berjalan baik dan lancar jika kapasitas mengajak dan mempromoskan dalam tulisan baik dan benar. Sehingga tidak ada yang di rugikan. Memengaruhi informasi yang positif dan produktif. Jazakallahu khair.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *