Motivasi Menulis

Menulislah Sepenuh Percaya Diri

Oleh : Cahyadi Takariawan

Di dunia modern saat ini, dengan mudah Anda bisa mendapatkan akses untuk membaca karya tulis orang lain. Anda bisa masuk ke citizen media, seperti Kompasiana, atau berselancar ke web dan blog pribadi, bisa juga melihat postingan netizen di media sosial. Perhatikan jenis,corak dan gaya tulisan mereka.

Satu hal yang ingin saya sampaikan kepada Anda semuanya —betapa sangat banyak ragam tulisan. Betapa sangat luas rentang kualitas. Semua tengah mengekspos karakter diri melalui tulisan masing-masing. Maka PD saja memposting tulisan!

Mengapa harus minder, mengapa harus malu? Dunia maya —bertaburan tulisan-tulisan— itu tak ubahnya seperti dunia nyata yang juga bertaburan berbagai jenis dan karakter manusia. Mengapa harus malu bergaul dengan manusia lainnya dalam  kehidupan nyata?

Tanyakan pada diri Anda, mengapa harus malu “mempergaulkan” tulisan Anda di dunia maya? Bukankah itu sama saja dengan “mempergaulkan” diri Anda dalam kehidupan nyata? Tulislah, dan postinglah tulisan Anda, dengan sepenuh rasa percaya diri.

Mari saya ajak Anda sekilas mengenali ragam penulis dan corak tulisan mereka.

Nobita adalah tipe penulis yang terlalu banyak keinginan. “Aku ingin begini, aku ingin begitu, ingin ini ingin itu banyak sekali. Semua semua semua, dapat dikabulkan, dapat dikabulkan dengan kantong ajaib”.

Takeshi “Giant” adalah penulis yang mudah marah, tukang bully, maka hasil tulisannya cenderung tidak disukai pembaca. Shizuka adalah tipe penulis yang baik, pintar, rajin, dan sopan, sehingga disukai pembaca. Ia suka menulis bersama Dekisugi, dan senang mengundang teman-teman penulis lainnya untuk membuat buku antologi.

Sponge Bob adalah penulis yang selalu happy dan positive thinking. Tulisannya gokil dan kocak, meskipun tak terlalu pintar, namun pandai menikmati hidup. Squidward adalah penulis yang selalu menggerutu dan negative thinking. Semua tulisannya berupa kritik, kemarahan dan gerutuan.

Patrick, menulis semau sendiri, tidak dipikir, malas, namun setia kawan dan baik. Ia rajin membalas komen pembaca, dengan cara yang kocak.

Mr. Crab adalah penulis mata duitan sekaligus kikir. Ia tidak akan mau menulis kalau tidak uang yang didapatkan. Semua tulisannya hanyalah untuk mendapatkan uang, uang dan uang. Tulisan adalah uang.

Plankton adalah penulis yang suka mencuri resep rahasia penulis lain. Ia selalu mengamati penulis hebat untuk mencuri rahasia darinya. Hatinya licik, dan tak suka melihat penulis lain sukses.

Tom adalah penulis yang lugu namun selalui dikomentari jahil oleh Jerry yang sangat suka mengganggu. Waktu Tom habis untuk menanggapi tulisan Jerry, dan Jerry semakin happy saat melihat Tom sakit hati. Mereka berdua selalu terlibat perang tulisan akibat ulah Jerry.

Phineas dan Ferb adalah kakak beradik, sama sama penulis yang selalu akur dan saling bekerja sama. Keduanya sangat pandai menemukan trik-trik kepenulisan yang hebat. Sayang, si kakak, Candace Flynn, merasa terganggu dan selalu kesal dengan tulisan kedua adiknya itu.

Kapten Tsubasa adalah penulis yang pinter, semangat, pantang menyerah, dan selalu optimistik. Tsubasa memiliki karakter tulisan yang sangat kuat dan nendang. Mampu membangkitkan motivasi pembaca untuk melakukan hal positif.

Semua penulis itu, memiliki gaya dan karakter masing-masing. Anda jelas bukan mereka semua. Anda memiliki karakter dan kepribadian tersendiri.

Maka menulislah dengan sepenuh percaya diri, dan posting segera tulisan Anda. Setiap hari, minimal sekali. Siap?

Statistik Tulisan

Total isi tulisan saya, di luar judul dan nama penulis, sebanyak 494 kata, atau 2.968 karakter.

 2 kali dilihat

26 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *