Teknik Menulis

Teknik 30 MM

.

RM 0004-20

Oleh : Cahyadi Takariawan

Teknik “30 MM” alias “30 Menit Menulis” adalah sebuah metode belajar menulis bebas (free writing), yaitu menulis tanpa beban. Free writing adalah menulis apa saja, tanpa berpikir kaidah atau aturan atau pedoman atau apapun. Berpikirlah bebas, sebebas-bebasnya. Lalu tuangkan dalam bentuk tulisan.

Lepaskan dulu semua beban. Sebab, ketika Anda menulis dengan penuh beban, yang akan Anda hasilkan adalah beban, bukan tulisan. Padahal Anda ingin menghasilkan tulisan, bukan? Maka lepaskan beban untuk 30 MM ini.

Tujuan Teknik 30 MM adalah untuk membuat lancar serta mahir menulis. Metoda 30 MM diperuntukkan bagi para pemula, yang ingin mahir menulis. Yang ingin memiliki kecakapan menulis, sehingga merasakan menulis semudah bernafas. Bagi anda yang sudah mahir menulis, metoda ini tidak lagi diperlukan.

Nah, bagi anda yang merasa pemula, merasa belum lancar menulis,  merasa sering buntu saat menulis, merasa menunggu mood untuk menulis, lakukan metoda 30 MM berikut.

Pertama, tetapkan waktu khusus

Tetapkan waktu yang anda khususkan untuk belajar menulis, dalam waktu 30 menit saja setiap harinya. Segera pilih waktu yang paling memungkinkan bagi anda untuk menulis. Masing-masing kita punya keluangan waktu yang berbeda-beda. Sudah dapat waktunya?

Kedua, siapkan alat tulis

Ketika sudah tiba waktu yang anda tetapkan untuk menulis, segera siapkan sarana untuk menulis. Hidupkan laptop, komputer PC, tablet, atau smartphone. Siapkan buku tulis, kertas HVS, pensil, bulpen, atau sarana lain yang biasa anda gunakan untuk menulis. Sudah siap semua?

Ketiga, atur pewaktu

Jika alat untuk menulis sudah siap, mulai atur pewaktu. Mungkin menggunakan stopwatch, alarm, atau jam dinding. Atur selama30 menit.

Keempat, mulai menulis

Sejak detik pertama, segera menulis apa saja yang ada dalam pikiran atau perasaan anda. Tuliskan tanpa memperhatikan kesalahan tulisan. Tulis saja dan jangan berhenti untuk mengedit. Biarkan ada salah ketik, kurang titik koma, kurang tanda baca, dan lain-lain. Tugas anda adalah menulis dalam waktu tiga puluh menit. Hanya menulis. Bukan mengedit.

Kelima, berhenti di batas waktu

Setelah alarm berbunyi, pertanda waktu habis, hentikan kegiatan menulis. Seberapapun yang didapat, seperti apapun kualitas tulisan, selesai atau tidak selesai membentuk satu tulisan, berhentilah menulis. Jangan nekat menulis. Berhenti saja.

Keenam, edit tulisan anda

Nah, jika masih punya waktu luang, coba periksa dan edit tulisan anda. Mungkin ada typo, mungkin ada kesalahan dalam memilih kosa kata, salah memberi tanda baca, dan lain sebagainya, lakukan editing seperlunya.

Ketujuh, simpan hasil tulisan anda

Miliki satu folder tersendiri dalam laptop atau komputer anda, yang berisi hasil karya tulis anda dengan menggunakan metode 30 MM. Semua yang telah anda hasilkan dengan menggunakan metode 30 MM, simpan dalam folder tersebut. Dengan demikian ada memiliki dokumentasi, dan tulisan tersebut bisa dikembangkan pada kesempatan berikutnya, suatu saat nanti.

Kedelapan, lakukan lagi

Lakukan lagi metode 30 MM ini —bukan hanya pada waktu yang sudah anda tetapkan untuk menulis (terjadwal), namun juga bisa anda lakukan lagi kapanpun di saat anda memiliki waktu luang. Walaupun bukan pada waktu yang anda tetapkan untuk menulis, namun anda tengah memiliki waktu luang, gunakan metoda 30 MM ini untuk belajar menulis.

Mungkin anda tengah menunggu pesanan makanan di restoran, mungkin sedang menunggu kereta api di stasiun, mungkin saat dalam perjalanan di bus, kereta, kapal, atau pesawat. Dimanapun, kapanpun, manfaatkan waktu untuk belajar menulis dengan metoda 30 MM ini.

Kesungguhan dan ketekunan anda belajar, akan sangat mempercepat hasil pembelajaran. Makin bersungguh-sungguh dan tekun, makin cepat anda mencapai level mahir menulis.

Selamat mencoba.

Yogyakarta, 17 April 2018

 4 kali dilihat

2 Komentar

  • Martha Silvia Roza

    Assalamu’alaikum pak Cah.
    Saya mau bertanya. Saya Martha dari KMO Batch 29.
    Dulu saya pernah mencoba metoda mirip 30MM ini, tidak 30 menit tapi kapan ada kesempatan saya menulis.
    Lalu saya menyimpan semua tulisan itu dalam satu folder. Namun setiap kali saya membuka folder, berniiat melanjutkan tulisan, saya malah blocking. Saya kehilangan apa yang harus saya tulis untuk melanjutkan tulisan tersebut.
    Pernah saya coba paksakan melanjutkan tulisan itu tapi isi tulisan saya seperti tidak nyambung dengan yang di file.
    Bagaimana solusinya pak Cah ?
    Terima kasih…
    Wassalamu’alaikum…

  • Ina Ismail

    Assalamualaikum
    Saya baca tulisan pak Cah di atas tehknik 30 mm , klo sdh saya tulis trus saya edit, termasuk tulisan non fiksi apa tulisan saya, dan sesudah saya edit , bagaimana cara menentukan pendahuluan, isi dan penutup mohon petunjuk pak Cah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *